Layanan Prima BRI, Solusi Meningkatkan Literasi Keuangan Sampai Pelosok Nusantara

Layanan Prima BRI


Literasi keuangan bertujuan menciptakan masyarakat yang bisa memanfaatkan peluang ekonomi sehingga mampu mandiri secara finansial.

Kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan transaksi keuangan semakin meningkat. Apalagi seiring kemajuan teknologi yang juga sudah sampai ke cara melakukan transaksi keuangan.

Jika dahulu kala, orang masih banyak yang harus datang secara fisik ke kantor bernama bank untuk melakukan transaksi keuangan namun saat ini transaksi keuangan bisa dilakukan dari mana saja.

Kemudahan transaksi keuangan saat ini bisa terjadi berkat digunakannya teknologi digital sebagai media transaksi.

Layanan Prima BRI

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan bank yang dimiliki pemerintah Indonesia. 
BRI juga menjadi bank tertua di Indonesia dimana sudah ada sejak tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah dan didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. 

Seiring berjalannya waktu BRI juga memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan layanan perbankan supaya semakin terjangkau oleh nasabah tanpa batas.

Salah satu terobosan BRI yaitu dibuatnya Layanan Prima BRI. Tujuan jangka panjang Layanan Prima BRI yaitu supaya semua lapisan masyarakat di pelosok tanah air bisa mendapat akses perbankan dengan mudah. 

Berbagai produk Layanan Prima BRI yang dibuat adalah hasil transformasi digital BRI. Diantaranya yaitu;

1. Aplikasi Perbankan Digital

Nama aplikasi ini adalah BRImo atau BRI Mobile. BRImo bisa diakses nasabah kapan dan dari mana saja. 

Beberapa kegiatan transaksi keuangan yang dapat dilakukan yaitu; membuka rekening online, bisa membayar tagihan dan transfer antar bank, bisa melakukan pembelian investasi reksa dana sampai bisa menggunakan fitur QRIS serta transaksi non tunai lainnya. 

2. Layanan SMS dan Internet Banking

Bagi penduduk di pelosok yang karena keterbatasan internet, menggunakan handphone sederhana adalah solusi untuk bisa melakukan transaksi keuangan digital.

Solusi SMS banking bisa digunakan pada transaksi digital menggunakan handphone sederhana tanpa harus terhubung jaringan internet. Namun pastikan ada kecukupan pulsa supaya bisa mendapatkan bukti transaksi digital.

3. Keamanan Data dengan Teknologi AI

Pada aplikasi BRImo, nasabah bisa mendapatkan pengalaman personal terkait produk perbankan yang sesuai kebutuhan. 

Hal ini bisa terjadi karena BRI menggunakan teknologi AI dalam kapasitas penyimpanan serta menjaga kerahasiaan data nasabah. 

4. Pendanaan UMKM  

BRI memberikan fasilitas pendanaan untuk pelaku UMKM hingga pelosok nusantara. Langkah yang dilakukan BRI dengan membentuk Holding Ultra Mikro. 

Pada prosesnya, BRI bersama dengan Pegadaian dan PNM menyediakan layanan keuangan yang terintegrasi. 

Selain itu BRI memastikan nasabah ultra mikro dapat naik kelas dalam satu ekosistem yang utuh.

Untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan di pasar-pasar tradisional BRI menggunakan Pasar.id dan Stroberi berbasis teknologi. 

Tujuannya untuk menjawab permasalahan administrasi seperti pengelolaan transaksi, inventory management, pengelolaan tagihan sampai sistem order dan pembayaran. 

BRI juga memfasilitasi Digital Lending. Ini adalah tahapan proses pengajuan pinjaman yang sepenuhnya online. Mulai dari pendaftaran, verifikasi data sampai pencairan dana.  Cara ini sangat membantu nasabah khususnya yang tinggal di pelosok ketika membutuhkan pendanaan segera. 

Pemanfaatan teknologi digital


Keunggulan Layanan Prima BRI

Pemanfaatan teknologi digital pada Layanan Prima BRI berujung pada efisiensi waktu. Hal ini disebabkan nasabah BRI bisa melakukan transaksi keuangan tanpa dibatasi waktu operasional bank.

Selain itu jika menggunakan aplikasi digital seperti BRImo maka jangkauan nasabah sangat luas hingga penjuru nusantara.

Jika nasabah menemukan kesulitan terkait Layanan Prima BRI maka tersedia layanan digital BRI selama 24 jam dan 7 hari. Hal ini dilakukan supaya nasabah merasa aman dan nyaman ketika menggunakan Layanan Prima BRI.

Layanan Prima BRI terbukti bisa meningkatkan literasi keuangan karena secara tidak langsung masyarakat "dipaksa" melek teknologi.

Masyarakat mau tidak mau harus bisa beradaptasi di era serba digital termasuk melakukan transaksi keuangan saat ini. 

Kesimpulan

Teknologi digital BRI dengan layanan primanya terbukti bisa menjangkau daerah terpencil serta mengurangi kesenjangan layanan keuangan.

Kebutuhan transaksi keuangan di era digital menjadikan BRI menghadirkan Layanan Prima BRI melalui adopsi teknologi digital.

Sekarang nasabah BRI sudah bisa merasakan layanan perbankan modern, aman, nyaman dan ramah teknologi.   
 

Posting Komentar untuk "Layanan Prima BRI, Solusi Meningkatkan Literasi Keuangan Sampai Pelosok Nusantara"